Singaraja (Antara Bali) - Kepolisian Resor Buleleng, Bali mengintensifkan patroli laut di wilayah utara Pulau Dewata untuk mengantisipasi masuknya kelompok bersenjata ISIS masuk ke wilayah tersebut.

"Patroli penting dilakukan apalagi digadang gadang teroris ISIS berencana memasuki wilayah Indonesia," kata Kabag Ops Polres Buleleng Kompol Ketut Gelgel di Singaraja, Rabu.

Ia memaparkan, pihaknya memimpin langsung patroli mengantisipasi aksi penyelundupan melalui jalur perairan laut dengan melibatkan jajaran Sat Pol Air Polres Buleleng.

Dikatakan, sejumlah titik pengawasan kawasan laut di pesisir Bali utara menjadi perhatian serius jajaran Polres Buleleng terbentang di wilayah barat, tengah dan timur.

Ia menambahkan, meskipun kondisi masih tergolong kondusif, polisi tetap menaruh siaga dan mawas diri terhadap kemungkinan aksi terorisme.

"Situasi saat ini di dunia dimana menyangkut maraknya isu ISIS praktis tidak boleh dianggap sebelah mata dan kami akan terus meningkatkan pengawasan berupa sidak dilakukan polisi dengan menyisiri perairan laut perbatasan mendekati Buleleng," kata dia,

Selain itu, Gelgel menambahkan, pihaknya memfokuskan pengawasan dilakukan anggota Sat Pol Air Res Buleleng menyebar mengawasi di wilayah pesisir Buleleng. "Pol Air kini sudah siaga penuh," imbuhnya.

Di lapangan, kata dia, penyiagaan anggota Sat Pol Air Res Buleleng mengerahkan sebanyak 10 pers dan kapal C2 denga tujuan melakukan antisipasi dini, menyangkut penyelundupan barang-barang berharga maupun curian.

"Ada 10 pers di setiap hari dikerahkan, dan melibatkan kapal C2 Sidak ini untuk menjaga garis pantai di Buleleng, dari tindakan terorisme dan penyelundupan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengintensifkan pemeriksaan kepada pihak tidak dikenal dicurigai masuk secara ilegal di perairan Buleleng. "Pemeriksaan terhadap bersandarnya kapal dan penduduk pendatang di PPI Sangsit. Patroli pesisir ke kelompok nelayan, agar mengantisipasi orang tidak dikenal masuk Buleleng melalui wilayah laut," demikian Gelgel. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015