Amlapura (Antara Bali)- Pemerintah Kabupaten Karangasem belum lama ini menggelar serangkaian lomba dan kegiatan sosial terkait peringatan Hari Ibu ke-87, sebagai momentum tahunan yang diselenggarakan guna mengingat dan mengenang tugas, jasa dan peran ibu di kancah kehidupan berbangsa dan bernegara.
       
Pembukaan lomba olah raga untuk memeriahkan Hari Ibu ke-87 Kabupaten  Karangasem dipusatkan di Lapangan Yoana Amlapura ini, difasilitasi Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Karangasem.
        
Acara dibuka  Kepala BPPKB dr Priagung Duarsa M Repro. Turut hadir pada acara itu, para kepala satuan kerja perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Karangasem, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Karangasem dan para Ketua Organisasi Wanita di Kabupaten Karangasem, Sabtu (21/11).
        
Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan GOW Kabupaten Karangasem, antara lain,  bakti sosial dengan melakukan pembersihan sampah di lokasi Yeh Malet, Kecamatan Manggis pada hari Jumat (13/11) lalu, donor darah dilaksanakan pada hari Rabu  (18/11) bertempat di Wantilan Kantor Bupati yang disinkronkan dengan kegiatan HUT Korpri tahun 2015.
        
Kegiatan lain yang mendapat banyak perhatian masyarakat adalah lomba membuat kue dari bahan jagung, yang diikuti semua organisasi wanita se-Kabupaten Karangasem pada hari Jumat (20/11), dan bertempat di kantor sekretariat PKK.
        
Tujuan lomba adalah agar ibu-ibu yang tergabung dalam GOW, dapat menciptakan kreasi makanan yang sehat untuk keluarga dari bahan nonberas, untuk mendukung program pemerintah, peningkatan kesejahteraan keluarga melalui kearifan lokal yang ada di Kabupaten Karangasem melalui keterampilan pengolahan makanan dari bahan jagung.
        
Lomba lain yang tidak kalah meriah adalah bidang olah raga. Di mana diadakan lomba olah raga tradisional seperti, lomba hadang, terompah, jungjung   botol dan lomba balap karung. Kegiatan lomba ini sengaja digelar sebagai upaya pelestarian permainan tradisional yang hampir punah.
        
Ketua GOW Karangasem Ny Sumawati Sukerana menyatakan, Hari Ibu yang diperingati setiap tahun, merupakan hari kebangkitan perempuan Indonesia. Selain itu, sekaligus merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan serta perjuangan bangsa, perempuan memiliki hak
    asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia (HAM).

Bertolak dari pemahaman ini, maka perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabat sebagai ibu bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis serta sejahtera.
         
"Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, karena perempuan mempunyai posisi yang lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk keluarga, anak dan orang tua. Harapan kami, dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ibu tahun ini, dapat meningkatkan kualitas berorganisasi bagi organisasi wanita yang  tergabung dalam GOW Kabupaten Karangasem demi terwujudnya cita-cita pembangunan khususnya di Karangasem," ujar Ny Sumawati.
         
Kepala BPPKB Priagung Duarsa dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Karangasem mendukung sepenuhnya seluruh kegiatan yang diprakarsai dan dilaksanakan oleh kaum perempuan dan organisasi wanita di Karangasem.
        
"Saya yakin organisasi itu telah mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan Pemkab Karangasem untuk mengupayakan masyarakat supaya lebih sehat, sejahtera dan bahagia. Perayaan ini merupakan momen untuk beraktivitas dan mengekpresikan upaya pelestarian tradisi yang perlu kita bangkitkan dan kembangkan kembali, mengingat permainan tradisional, permainan hadang, terompah, lari karung dan menjungjung botol ini sudah mulai jarang dimainkan. Untuk itu kepada seluruh peserta lomba saya ucapkan selamat menikmati kegiatan ini, tunjukan sportivitas dan kejujuran. Kepada wasit dan dewan juri agar dapat  melaksanakan tugas dengan adil dan bisa beri penilaian secara objektif," ujar dia.
        
Tahun sebelumnya, acara puncak kegiatan Hari Ibu ke-86 tahun 2014 yang dilaksanakan pada  tanggal 24 Desember 2014 dan bertempat di gedung Aula Asrama Haji Jl Kol H Burlian Palembang. Berbagai acara dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Penyelenggaraan acara berjalan sukses berkat kerja sama panitia dan semua unsur yang terkait, serta partisipasi dan dihadiri para undangan. (ADV)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015