Singaraja (Antara Bali) - Sebanyak 60 penjual batu akik seluruh Indonesia memadati Markas Kepolisian Resor Buleleng, Bali guna memamerkan berbagai jenis batu akik dan batu mulai yang berasal dari seluruh wilayah tanah air.

"Mereka memang sengaja diundang memamerkan berbagai jenis akik dan batu mulia serangkaian pertunjukkan keliling (road show) batu akik digagas Polda Bali," kata Kapolres Buleleng, AKBP Harry Haryadi Badjuri di Singaraja, Kamis.

Ia menjelaskan, peserta pameran paling jauh berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) dan ada yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. "Ada juga dari Maluku, Ambon, Kalimantan dan lain lain," imbuhnya.

Harry menyebutkan pameran yang digelar merupakan tingkat nasional memperebutkan Piala Kapolda, Bupati Buleleng dan Kapolres Buleleng, berlangsung 18-22 November mendatang.

Lebih jauh, mantan Kapolres Jembrana itu memaparkan, tujuan kegiatan tersebut untuk mendekatkan diri antara Polisi dengan masyarakat.

Harry menambahkan, selain pameran juga digelar lomba batu akik tidak hanya diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di Indonesia saja, tetapi secara khusus juga akan mendatangkan juri-juri tingkat nasional bahkan setiap batu akik juga akan diberikan sertifikat dan terjamin keasliannya.

Selain itu, kata dia, pihaknya mendatangkan juri-juri tingkat nasional beserta peralatan canggih untuk mengecek keaslian batu yang dilombakan.

Ia berpendapat, dengan kegiatan itu, diharapkan Polres Buleleng menjadi sahabat semua, sebagai daya tarik supaya masyarakat datang ke kantor polisi.

"Selain menyaksikan pameran batu akik ini, juga bisa lebih mengenal personel Polres Buleleng dan sudah disediakan mini tour di Polres Buleleng, mungkin mau melihat peralatan dan perlengkapan yang kami miliki atau mau mengecek program-program yang telah dilaksanakan," paparnya.

Ia menambahkan, terdapat 24 kategori batu akik dan batu mulia yang akan dilombakan, seperti Bacan (crysocolla chalcedony), White and Grey Chalcedony, Orange Chalcedony, Red Chalcedony, Yellow and Brown Chalcedony, Green Chalcedony, Pancawarna, Unik antik dan langka, Abstrak, Junjung Drajat, huruf dan Angka, Pictorial Gemstone Manusia (2D), Pictorial Gemstone.

"Ada juga jenis pictorial gemstone pemandangan (2D), pictorial gemstone manusia (3D), pictorial gemstone hewan dan tumbuhan (3D), pictorial gemstone pemandangan (3D), pictorial gemstone benda, bulu macan, rambut cedana, black saphire, yellow star saphire, merah star ruby dan blue star saphire," kata dia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015