Singaraja (Antara Bali) - Kabupaten Buleleng, Bali direncanakan menggelar Pra PON cabang olahraga (cabor) Polo Air putri berlokasi di kolam renang Pidada Singaraja pada Desember 2015.

"Buleleng kami usulkan menjadi tuan rumah setelah mundurnya Sumatera Selatan beberapa waktu lalu," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Besar (PB) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Pusat, Heru Purwanto, Rabu.

Ia menjelaskan, Buleleng dinilai sangat siap menjadi tumah rumah ajang persiapan dan seleksi menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat pada 2016.

"Buleleng memiliki kolam renang bertaraf internasional, sangat sesuai dengan syarat-syarat yang mesti dipenuhi ketika ingin menyelenggarakan ajang sekelas PON," kata dia.

Namun, kata dia, pihaknya mengharapkan Pemkab Buleleng membuat tribun kolam sehingga lebih menyempurnakan kolam renang yang digadang-gadang sebagai yang terbaik di Pulau Dewata itu.

"Hanya kurang di bagian tribun saja, setelah tribun selesai dibuat, kami kira kedepan akan banyak kegiatan digelar di Buleleng, bukan hanya Polo Air, daerah ini juga berpotensi menggelar penyelenggaraan even cabor renang bertaraf nasional dan internasional," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya segera akan berkoordinasi dengan Ketua PRSI Pusat mengenai rencana tersebut. "Kami segera akan berkoordinasi ke pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan, pihaknya menyambut baik PRSI menggelar even nasional sekelas Pra PON.

"Kami siap 100 persen, Buleleng punya kolam renang terbaik sekaligus bertaraf internasional, selain itu kami memiliki infrastruktur yang mendukung untuk ajang nasional," kata dia.

Selain itu, Agus berharap dengan digelarnya Pra PON Polo Air Desember mendatang, lebih memperkenalkan Buleleng sebagai salah satu daerah di Bali yang fokus mengembangkan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism).

"Pengembangan pariwisata berbasis olahraga nantinya diharapkan pula berimbas pada sektor lainnnya seperti perekonomian masyarakat dan peningkatan kunjungan hotel di daerah itu," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015