Denpasar (Antara Bali) - Dinas Perhubungan Kota Denpasar dengan melibatkan tim penertiban lalu lintas terdiri dari unsur TNI dan Polri menggelar razia angkutan umum dalam upaya kenyamanan dan ketertiban lalu lintas.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan di Denpasar, Rabu mengatakan kegiatan ini secara rutin dilakukan terhadap kendaraan umum pengangkut orang dan barang.

"Razia kendaraan umum tersebut kami sudah dilakukan pada Selasa (13/10). Dari kegiatan itu, kami menjaring sebanyak 67 angkutan orang dan angkutan barang dengan berbagai pelanggaran," katanya.

Sriawan mengatakan pihaknya rutin dilaksanakan dengan melibatkan tim penertiban lalu lintas Kota Denpasar. Hal ini nantinya secara bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan penyelenggaraan angkutan jalan serta mengantisipasi persaingan yang tidak sehat dalam industri angkutan.

Dikatakan, dari kegiatan tersebut berbagai jenis pelanggaran ditemukan tim gabungan tersebut. Pelanggaran izin angkutan sebanyak 58 kendaraan dan buku izin emisi yang habis masa berlakukanya sebanyak sembilan kendaraan. Sehingga total kendaraan yang terjaring Razia sebanyak 67 kendaraan.

"Kami melakukan pengecekan beberapa kelengkapan surat-surat yang berkaitan dengan keamanan penyelenggaraan angkutan jalan di antaranya buku izin emisi dan izin angkutan," ucap Ketut Sriawan didampingi Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Nyoman Nuriana.

Selain itu, kata dia, dalam kegiatan tersebut juga ditemukan angkutan pariwisata tanpa mengantongi izin angkutan pariwisata.

Sriawan mengaku akan menindak tegas angkutan orang dan barang yang tidak melengkapi izin angkutan. tentu hal ini sangat berpengaruh pada kenyaman, dan keamanan angkutan jalan yang menyangkut dengan keselamatan bersama di jalan raya.

Pengawasan juga terus dilakukan berkaitan dengan izin angkutan yang sangat berpengaruh pada persaingan yang tidak sehat antar-angkutan.

"Saat ini persaingan yang kurang sehat sering terjadi pada kepemilikan izin angkutan. Sehingga nantinya dengan penertiban tersebut kami harapkan dapat menciptakan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, nyaman, tertib, lancar dan selamat," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015