Jawa Timur (Antara Bali) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan pentingnya varietas bibit unggul dalam mendorong produksi pertanian dalam negeri.

Ia mengatakan hal itu saat mengunjungi lahan pertanian di Desa Sambi Gede Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Dalam perjalanan kunjungan kerjanya beserta rombongan menuju pertanian padi di Blitar, Menteri Amran berhenti di jalan kemudian segera masuk ke lahan pertanian di samping badan jalan yakni di Desa Sambi itu.

Saat itu, petani sedang memanen padi. Menteri Amran berdialog dengan petani terkait hasil produksi padi, proses tanam, harga yang diterima petani dan lainnya.

 "Kalau ditanami IPB 3S, bisa dua kali lipat panennya dengan kerjanya sama, capeknya sama, pupuknya sama. Itulah pentingnya benih varietas unggul," katanya di Desa Sambi, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Amran mengatakan percepatan produksi pertanian dapat didorong dengan pengolahan tanah dan tanam serta pemilihan bibit unggul yang akan ditanam. "Kalau semua alat dan mesin pertanian sudah masuk bisa tanam 3,5 kali. Satu tahun yang jangka tiga bulan," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015