Denpasar (Antara Bali) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar seminar hasil penelitian Desentralisasi dan Kompetitif Nasional 2015 di kampus setempat, Selasa.

Kapuslit LP2M ISI Denpasar, Drs. I Wayan Mudra, M.Sn mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan 30 peneliti yang terdiri atas MP3EI (1), Hibah Bersaing (8), Fundamental (6), Penelitian Disertasi Doktor (2) dan dosen muda (13).

Seminar tersebut akan dilanjutkan dengan pameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dirancang pada bulan Desember 2015.

Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes mengatakan, pihaknya sangat bangga akan keberhasilan dosen dalam bidang penelitian.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat ditingkatkan dan kualitasnya pun makin baik di masa mendatang.

Kegiatan tersebut mengusung tema ang mengacu pada visi dan misi ISI Denpasar, sehingga lembaga pendidikan tinggi seni itu terus menjadi pusat unggulan.

"Hibah penelitian tidak hanya menguntungkan dosen dalam hal finansial, namun juga menjadi catatan pada CV yang akan menjadi penentu untuk kenaikan pangkat," ujar Artayasa.

Pelaksanaan seminar sangat penting untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab ilmiah peneliti tehadap lembaga ISI Denpasar tentang proses penelitian yang telah dilakukan dan hasil yang telah dicapai.

Selain itu sebagai wadah untuk mendiskusikan hasil-hasil penelitian yang telah dicapai guna mendapatkan masukan sebagai bahan penyempurnaan hasil penelitian.

Seminar diharapkan mampu menggugah minat dosen lainnya untuk mengajukan proposal penelitian pada tahun mendatang, disamping persiapan peneliti menghadapi monev eksternal dari DP2M Dikti, yang deperkirakan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Seminar juga dimaksudkan untuk mendukung ISI Denpasar sebagai pusat unggulan bidang seni dan budaya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015