Tabanan (Antara Bali) - Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Tabanan, Bali berupaya melakukan pembenahan menyangkut kinerja dan memberikan pelayanan publik.

"Meskipun masih banyak mendapat rapor merah, namun ada sejumlah SKPD yang melakukan perubahan secara siginifikan dari rapor merah ke hijau," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu AlKhatab di Tabanan, Jumat.

Ia mengungkapkan hal itu ketika bertatap muka dengan Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada, Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa serta seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Menurut Umar Ibnu AlKhatab, pelayanan publik harus terus ditingkatkan di masa-masa mendatang serta SKPD meningkat inovasi dan kreatif dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan citra Pemkab di masyarakat.

"Sebagai aparatur negara kita harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap seluruh SKPD ke depan mampu menciptakan inovasi baru serta kreatif dalam meberikan pelayanan,� ujarnya.

Umar Ibnu AlKhatab menjelaskan, saat ini masih banyak SKPD yang mendapat rapor merah, namun pihaknya berharap hal ini jangan dijadikan beban, namun lebih kepada motivasi untuk mampu bekerja lebih baik lagi ke depan.

"Jangan jadikan rapor merah sebagai beban, namun jadikan sebagai motivasi, meskipun banyak yang mendapat rapor merah, namun ada beberapa SKPD yang sudah mampu menunjukkan peningkatan, dari merah menjadi hijau. Hal ini sangat kami apresiasi," ujar Umar Ibnu AlKhatab.

Kepada Penjabat Bupati pihaknya berharap mampu mengemban tugas dengan baik dan mampu meningkatkan kinerja seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Penjabat Bupati, akan ada banyak perubahan yang lebih baik utamanya dalam hal pelayanan publik di lingkungan Pemkab Tabanan," ujarnya.

Sementara Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada mengatakan, pelayanan publik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya untuk menciptakan pemerintahan yang baik, bersih dan efisien.

"Saya menyambut baik upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel," ujarnya.

Sugiada menambahkan berupaya bekerja keras untuk senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih berkualitas, namun di dalam pelaksanaannya sesuai dengan perkembangan aspirasi masyarakat, masih terdapat kendala yang dihadapi seperti keterbatasan sarana dan parasarana.

Ia mengharapkan, kerja sama selama ini dapat ditingkatkan guna mewujudkan pelaksana pelayanan publik yang kompeten.

"Kepada semua pimpinan SKPD saya harapkan untuk terus berupaya maksimal meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan harapan dan aspirasi masyarakat guna mencegah terjadinya kesalahan administrasi," ujar Sugiada. (APP)

Pewarta: Pewarta : IK Sutika

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015