Denpasar (Antara Bali) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Bali mencatat harga cabai rawit dan cabai besar di empat pasar tradisional di daerah itu rata-rata mengalami penurunan karena distribusi barang dari Jawa dan sejumlah agen distributor lancar.

"Sejauh ini distribusi barang lancar dan petani sudah mulai panen raya sehingga harga cabai rawit dan cabai besar mengalami penurunan harga," kata Kepada Bidang Kerja Sama dan Perlindungan Disperindag Kota Denpasar, Jarot Agung Iswayudi, di Denpasar, Kamis.

Pihaknya memantau dari sejumlah pasar tradisional yakni Pasar Agung, Pasar Badung, Pasar Kreneng, dan Pasar Pula Sari di Denpasar, harga cabai besar rata-rata mengalami penurunan mencapai Rp2.000 per kilogram (/kg) atau Rp25.750/kg yang sebelumnya mencapai Rp27.750/kg.

Sedangkan, untuk harga cabai rawit di Pasar itu rata-rata mengalami penurunan harga mencapai Rp6.000/kg atau Rp56.000/kg yang sebelumnya kisaran harga Rp62.000/kg.

"Saya berharap harga cabai tidak melonjakan kembali karena akan berdampak kepada barang kebutuhan pokok lainnya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga cabai itu, pihaknya terus berupaya melakukan pemantauan harga kesejumlah agen distributor cabai maupun memantau pasar-pasar tradisional di Denpasar, sehingga terjangkau oleh konsumen.

"Saya mengimbau kepada pedagang agar tidak menaikkan barang secara sepihak dan tetap memperhatikan daya beli masyarakat sehingga sama-sama menguntungkan," ujarnya.

Made Rendi seorang pedagang di Pasar Badung Denpasar, Bali, juga mengakui harga cabai besar dan cabai rawit sudah mengalami penurunan akibat petani sudah mulai panen raya dan persediaan di pemasok masih memenuhi.

"Untuk harga cabai rawit saat ini kisaran harga Rp55.000/kg dibandingkan sebelumnya mencapai Rp71.000/kg. Sedangkan, untuk harga cabai besar turun Rp2.000/kg atau Rp24.000/kg yang sebelumnya Rp26.000," ujar Rendi.

Hal berbeda diungkapkan Mastriani, seorang pedagag di Pasar Kumbasari, Denpasar, mengakui harga cabai stabil kisaran harga Rp26.000/kg untuk cabai besar dan Rp60.0000 untuk cabai rawit.

"Harga cabai besar dan cabai kecil yang saya jual relatif stabil karena ketersediaan barang mencukupi," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan persediaan barang mencukupi dan distribusi barang lancar sehingga tidak mengalami kenaikan harga yang akan berdampak pada kerugian pedagang karena cabai yang dijualnya apabila tidak laku terjual akan cepat membusuk.(SRW)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015