Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra melepas kontingen "Utsawa Dharma Gita" (UDG) atau menyajikan ayat-ayat suci dalam kitab Agama Hindu, untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Bali.

"Saya harapkan kontingen UDG Kota Denpasar mampu mengarumkan nama kota. Saya berharap tahun ini kembali meraih juara umum tingkat provinsi. Sebab selama tiga kali kontingen Denpasar menyabet juara umum," kata Rai Mantra pada acara pelepasan kontingen UDG di Denpasar, Rabu malam.

Ia mengatakan semua juara diraih itu tidak lepas dari para pembina yang telah berhasil membina para peserta UDG Kota Denpasar. Dan diharapkan para peserta untuk terus semangat, walau sudah sering meraih juara, namun agar terus menjaga stamina kesehatan serta mempersiapkan mental agar tenang menghadapi UDG di tingkat Provinsi Bali.

"Saya mengucapkan apresiasi setinggi-tinginya kepada pembina yakni Widyasaba Kota Denpasar karena sangat sabar membina para peserta UDG selama ini. Saya minta kepada Widyasaba agar terus membina para UDG ini dan hal-hal semacam ini jangan sampai putus," ujarnya.

Menurut Rai Mantra, langkah tersebut menjadi cikal bakal dalam penguatan dan pengembangan budaya lokal ke depanya, oleh sebab itu perlu adanya dukungan semua komponen masyarakat untuk mendorong terus pelestarian-pelestarian budaya dalam penguatan budaya lokal yang menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara Ketua Widyasaba Kota Denpasar Made Suarta Wijaya yang sekaligus Koordinator Tim UDG Kota Denpasar mengatakan UDG Kota Denpasar merupakan sebuah mandat dari Pemkot Denpasar.

Dikatakan awalnya dirintis dari peserta UDG kecamatan, kemudian dikolaborasikan dengan lomba "pesantian" termasuk juga kegiatan mengisi liburan sekolah, ketiga kegiatan ini disaring karena Denpasar tiga kali meraih juara umum berturut-turut di tingkat provinsi.

Adapun kontingen yang akan berlomba di UDG tingkat provinsi sebanyak 76 orang, dengan target meraih tujuh emas dari 13 kategori yang akan dilombakan pada UDG tingkat Provinsi Bali.(WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015