Mangupura (Antara Bali) - Terminal Mengwi di Kabupaten Badung, Bali menyediakan pos pelayanan kesehaan gratis untuk penumpang yang mengalami masalah kesehatan saat berangkat maupun datang dari terminal itu.

"Pelayanan penumpang menjadi prioritas kami dalam menjaga keamanan dan kesehatan pemudik," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) terminal setempat, Gusti Bagus Muliarsa, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya menyiagakan empat orang personil kesehatan, masing masing satu orang dokter umum dan tiga orang perawat spesialis.

"Dokter dan perawat yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing didatangkan dari puskesmas puskesmas yang ada di Kabupaten Badung," kata dia.

Dikatakan, pihaknya merotasi sekitar puluhan lebih puskesmas yang ada di kabupaten setempat sehingga terjadi semua puskesmas mendapatkan jatah jaga yang sama pasca lebaran nanti.

"Semua puskesmas mendapatkan jumlah hari jaga yang sama, seperti sekarang misalnya yang bertugas adalah dari puskesmas Kecamatan Petang," imbuh dia.

Muliarsa menambahkan, pos kesehatan bersiaga mengantisipasi penumpang yang mengalami masalah pusing, sakit perut, maag, sakit kepala dan beberapa keluhan ringan lainnya.

"Seadainya sakitnya parah dan membutuhkan perawatan intensif, akan dirujuk ke puskesmas terdekat hingga rumah sakit apabila diperlukan," ujarnya.

Lebih lanjut, Muliarsa mengimbau kepada para pemudik dan penumpang bus yang mengalami masalah kesehatan agar memeriksakan diri ke pos setempat apabila muncul gejala-gejala kurang enak badan.

"Segera kalau sudah sakit dibawa kesini saja, daripada nanti dibiarkan saja, bisa mengganggu perjalanan mudik penumpang," demikian himbaunya. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015