Denpasar (Antara Bali) - Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusa Tenggara memeriksa kelaikan armada pesawat terbang di Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai bentuk kesiapan menyambut arus mudik Lebaran dan libur panjang.

"Kami ingin memastikan kelaikan pengoperasian pesawat udara," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusa Tenggara, Yusfandri Gona ditemui di apron teriminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya meningkatkan pemeriksaan pesawat udara yang memang sudah rutin dilakukan sebelum pesawat tersebut tinggal landas.

Petugas melakukan pemeriksaan mendadak secara acak kepada beberapa pesawat udara yang baru saja mendarat dan pesawat yang akan tinggal landas di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Untuk pemeriksaan pesawat udara, petugas memeriksa sejumlah indikator fisik di antaranya instrumen pendaratan dan instrumen pada ruang kendali pesawat atau kokpit.

Selain memeriksa instrumen fisik armada pesawat terbang, petugas juga memeriksa personel di antaranya para pilot, ko-pilot dan kru kabin meliputi pemeriksaan lisensi, kesehatan dan pendidikan atau pelatihan terakhir. (DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015