Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menganugrahkan penghargaan pengabdi seni kepada sembilan seniman dari kabupaten/kota di daerah ini terkait pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 tahun 2015 di Gedung Kesiarnawa Taman Budaya Denpasar, Rabu (1/7) malam.

Selain penghargaan seni juga diserahkan berupa dana dari APBD Bali sebesar Rp54 juta atau masing-masing sebesar Rp6 juta/orang serta dana bantuan sosial (CSR) dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam bentuk tabungan masing-masing sebesar Rp5 juta/orang.

Dengan demikian seniman yang berprestasi dan pernah mengalami kejayaan pada masanya itu total mendapat hadiah sebesar Rp11 juta yang diserahkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha.

Penganugrahan penghargaan pengabdi seni kepada sembilan seniman terbaik dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali diiringi instrumen musik tradisional Bali (gamelan) Sanggar Mahardika Sukawati, Kabupaten Gianyar pimpinan Wayan Mardika SSN.

Pada kesempatan itu I Gusti Ketut Lodri (73), wanita kelahiran Banjar Bindu, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, 31 Desember 1942 yang dikenal sebagai seniman serba itu secara spontanitas menampilkan tari Terunajaya.

Delapan seniman lainnya yang menerima penghargaan tersebut umumnya telah berusia lanjut (lansia) terdiri atas I Gusti Wayan Dangin (89), dari Banjar Padangaji Kangin, Desa Piringsari, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem dan I Wayan Kadra (72) dari Lingkungan Terusan, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

I Gusti Ngurah Gede Pemecutan (80) dari Kota Denpasar, Made Renten S.Pd (63) dari Dusun Dharma Yadnya, Desa Tukadmungga, Kabupaten Buleleng, I Nyoman Subrata (66) dari Kabupaten Bangli, I Gusti Ngurah Ketut Sudiarta (68) dari Banjar Tengah, Kukuh Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Ketut Jengki Suparta (58) dari Banjar Kaler, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung dan I Dewa Putu Tegeg (77) dari Lingkungan Kelod Kauh, Kelurahan Abianbase Kabupaten Gianyar.

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sebelumnya melakukan seleksi terhadap puluhan seniman berprestasi dari delapan kabupaten dan satu kota di daerah ini.

Tim yang melakukan seleksi tersebut beranggotakan utusan dari instansi terkait dalam bidang seni dan budaya. Masing-masing pemerintah kabupaten/kota mengusulkan sejumlah senimannya yang dinilai mempunyai prestasi dan pengabdian dalam bidang seni dan budaya yang menonjol pada masanya.

Tim tingkat provinsi menyeleksi mana-nama yang dikirim oleh masing-masing kabupaten/kota, didasarkan atas prestasi, dedikasi, dan pengalaman dalam memajukan seni budaya di Bali, khususnya di daerah masing-masing.

Pemprov Bali selama 37 tahun pelaksanaan PKB telah memberikan penghargaan kepada 409 seniman, termasuk sembilan orang yang diberikan dalam pelaksanaan PKB kali ini. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015