Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan jajaran perguruan tinggi di daerah itu agar dapat mencetak SDM yang berkualitas sehingga bisa turut terlibat dalam upaya pengentasan kemiskinan.

"Karena yang berkualitaslah yang akan mampu untuk bertahan. Kalau tidak memiliki kualitas, kita akan diijak-injak oleh orang lain," kata Pastika dalam dialog yang disampaikan melalui `video conference` dengan kalangan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja (Undiksha) dan Universitas Warmadewa (Unwar) di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Provinsi Bali melalui program Bali Mandara akan mampu berjalan dengan baik jika diorganisir dan dilaksanakan oleh orang-orang yang memiliki kompetensi.

Dia berpandangan, keberadaan SDM yang berkualitas tersebut tidak saja mendukung program Bali Mandara namun juga harus disiapkan untuk menghadapi era globalisasi dan jelang pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini.

Oleh karena itu, Pastika mengharapkan agar para mahasiswa mampu untuk menggali potensi diri yang dimiliki sebaik-baiknya.

"Saya sangat bangga melihat jika mahasiswa tersebut optimistis dalam menghadapi masa depan, kalian telah berada di kampus terbaik yang ada di Bali jadi saya harap kalian mampu mengembangkan diri kalian dengan baik apalagi dengan kondisi saat ini dimana perebutan sumber daya yang semakin kejam yang menuntut kalian untuk selalu survive dan bersaing," ujarnya.

Sementara itu Rektor Undiksha Dr Nyoman Jampel menyatakan bahwa secara umum pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan program Bali Mandara yang saat ini dinilainya telah mampu memberikan pengaruh positif kepada perekonomian Bali dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Ia memaparkan pihaknya juga telah melaksanakan program-program yang relevan dan mendukung program Bali Mandara seperti turut menciptakan generasi muda yang berkualitas. Selain itu Undiksha juga melakukan berbagai kegiatan yang berupa turun ke masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata dan juga turut memberikan perhatian terhadap lingkungan.

Jampel menyampaikan bahwa saat ini Undiksha sedang kekurangan dosen untuk menangani 14.000 mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di sana. Ia memohon dukungan dari Pemprov Bali agar Fakultas Kedokteran di Undiksha segera terealisasikan.

Senada dengan Rektor Undiksha, Rektor Warmadewa Prof Dr Dewa Putu Widjana juga menyatakan apresiasinya terhadap program Bali Mandara, dan pihaknya juga telah mendukung program-program tersebut dengan banyaknya penelitian yang dilakukan terkait dengan Bali Mandara.

Di samping itu, banyak juga dosen dan mahasiswa dari Universitas Warmadewa yang menjadi tim pendamping baik pada program Simantri dan Gerbangsadu. Widjana juga menginginkan agar bantuan perpustakaan yang dijanjikan oleh Pemprov Bali agar segera direalisasikan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015