Denpasar (Antara Bali) - Konsulat Jendral (Konjen) India di Bali Amarieet Singh Takhi mengatakan, pihaknya akan menggelar kegiatan yoga massal bertepatan dengan Hari Yoga Sedunia yang 21 Juni 2015

"Kegiatan yoga massal akan dilaksanakan di Lapangan Bajra Sandhi Renon, Denpasar, dengan melibatkan sekitar 8.000 peserta," kata Amarieet Singh Takhi di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, selain di Bali, kegiatan yoga massal juga akan dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Medan dan Surabaya, yang melibatkan ribuan penggemar olahraga rohani yang berasal dari negara India itu.

"Selain bersamaan dengan beberapa daerah di Indonesia, kegiatannya nanti juga bersamaan dengan seluruh negara di dunia yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," ujar dia.

Amarieet Singh Takhi menambahkan, kegiatan yoga terbesar tersebut akan melibatkan berbagai kalangan, mulai dari instansi pemerintahan, sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA, beberapa universitas ternama serta persatuan pasraman di Bali.

"Saya baru mendapatkan pemberitahuan bahwa kegiatan ini mendapat perhatian yang cukup baik dari kalangan penekun yoga di Bali, sehingga kami perkirakan peserta akan melebihi dari perkiraan," ucap dia.

Yoga menurut Amarieet Singh Takhi, merupakan suatu jenis olahraga rohani yang saat ini sangat diminati di kalangan masyarakat, bukan hanya dari kalangan Hindu, namun juga lintas agama.

Ia mengatakan yoga merupakan suatu kegiatan universal yang bermakna menyelaraskan antara badan jasmani dan badan rohani (jiwa) yang ada di dalam diri manusia, sehingga dapat menimbulkan keseimbangan antara keduanya.

"Yoga bukan hanya olahraga, tetapi lebih kepada penyeimbangan fikiran menuju kedamaian lahir bhatin yang menjadi impian banyak orang di muka bumi ini," tutur dia. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015