Singaraja (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika melepas sebanyak 65 siswa SMAN Bali Mandara yang merupakan sekolah unggulan milik pemprov setempat dan diperuntukkan bagi siswa miskin berprestasi itu.

"Menyelesaikan pendidikan di sekolah ini merupakan sebuah langkah awal kalian dalam meniti masa depan, jadi tingkatkan terus pengetahuan dan keterampilan, teruslah dan tanam dalam diri semboyan `Learn Today, Lead Tommorow` demi masa depan kalian," kata Pastika, di Singaraja, Kamis.

Ia juga berpesan agar selalu menjaga nama baik almamater dan juga nama baik guru yang telah mengajar mereka. "Jangan pernah sombong, sikap dan karakter kalian ini harus tetap dijaga, tunujukkan bahwa diri kalian adalah calon pemimpin yang berintegritas dan yang paling penting jangan pernah melupakan lembaga ini yang telah menjadikan kalian seperti ini," ucapnya.

Pastika juga mengucapkan selamat kepada para orang tua para lulusan dan berpesan agar mereka selalu memberikan dukungan kepada anaknya yang akan melanjutkan jenjang pendidikan. "Mari kita berikan dukungan moril kepada anak-anak kita sehingga dalam pendidikan berikutnya mereka akan berhasil sesuai dengan mimpi dan cita-citanya," ujarnya.

Dia menegaskan sistem pendidikan seperti SMA Negeri Bali Mandara merupakan bentuk komitmennya untuk terus menekan kemiskinan secara nyata. Kedepannya, ia berharap akan banyak keluarga miskin yang mampu mengubah hidupnya menjadi lebih baik melalui generasi muda yang telah mengenyam pendidikan di SMA Bali Mandara.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri Bali Mandara I Nyoman Darta mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Pastika atas keberaniannya membangun sekolah tersebut.

"Saya sangat berterimakasih atas keberanian Bapak Gubernur Bali membangun sekolah ini sesuai dengan kata bijak yang beliau sampaikan yakni perubahan dilakukan oleh orang-orang berani, dikawal oleh orang-orang pintar, diselesaikan oleh orang- orang tulus," ucapnya.

Darta mengemukakan, semenjak sekolah ini didirikan sudah berbagai prestasi membanggakan yang diraih oleh anak didiknya. Mulai dari tingkat kecamatan sebanyak 15, tingkat kabupaten meraih 202 prestasi, tingkat provinsi 238, tingkat nasional 56 dan bahkan tingkat internasional sebanyak 11 prestasi.

Terakhir prestasi internasional yang diraih SMA N Bali Mandara adalah The Fourth Grand Winner Intel International Science Engineering di Amerika Serikat oleh Sudiarsana dan Dewa Palguna. Darta juga berpesan kepada para lulusan agar selalu menjaga dan mengasah semua ilmu yang telah diberikan oleh para guru yang ada di SMA N Bali Mandara .

Predikat lulusan terbaik diraih Kadek Sudiarsana asal Desa Selumbung, Karangasem yang merupakan peraih penghargaan The Fourth Grand Winner Intel International Science Engineering di Amerika Serikat dan saat ini dirinya telah diterima untuk kuliah di Universitas Gajah Mada melalui SNMPTN pada Jurusan Ilmu Hukum.

Dari 65 siswa yang lulus tahun ini terdapat 32 siwa yang telah di terima di perguruan tinggi negeri di Bali maupun di luar Bali melalui jalur SNMPTN, PMDK, Free Pass dan Tes Jalur Khusus Bidikmisi. Satu orang siswa telah diterima di Maharishi University of Mangement di Iowa, AS (jurusan Medical Science) dengan memperoleh presidential scholarship, namun masih mencari sponsor untuk biaya hidup di sana.

Selain itu satu orang siswa sedang menunggu pengumuman hasil seleksi di Erasmus University Rotterdam, Belanda, dua orang siswa mengikuti seleksi Akademi Polisi dan dua orang siswa sedang dalam proses mengikuti tes seleksi Brigadir Polisi serta sisanya yang 27 orang akan mengikuti jalur SBMPTN pada tanggal 9 - 10 Juni 2015 mendatang. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015