Negara (Antara Bali) - Pemkab Jembrana, Bali, membantu Ni Wayan Suci, warga Desa Penyaringan, yang oleh keluarganya diyakini sudah berusia sekitar 115 tahun.

"Kami mendapatkan informasi, jika Nenek Suci ini sudah jompo dan tidak mampu berjalan, makanya kami membantu dengan kursi roda," kata Bupati Jembrana, I Putu Artha, saat mengunjungi nenek tersebut di Dusun Yeh Buah, Sabtu.

Kepada dokter dari Puskesmas setempat yang mendampinginya, ia minta, dilakukan pemantauan secara terus-menerus untuk nenek ini, termasuk mengambil tindakan medis jika dibutuhkan.

Karena faktor usia, ia memerintahkan, dokter Puskesmas yang mengambil inisiatif memantau kondisi nenek ini, sementara untuk kesejahteraan sosial akan ditangani Dinas Kesejahteraan Sosial.

"Antara Dinas Kesehatan dan Dinas Kesejahteraan Sosial, harus bekerjasama untuk memantau warga yang seperti ini," ujarnya.

Meskipun sudah berusia lanjut, Suci masih mampu berkomunikasi termasuk mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan Pemkab Jembrana.

Namun karena usia juga, yang membuat pendengarannya berkurang jauh, sehingga kesulitan menanggapi maksud ucapan dari lawan bicaranya.

Keluarga Suci mengatakan, bantuan kursi roda itu sangat bermanfaat, karena bisa digunakan untuk membawa nenek tersebut apabila bosan di dalam kamar.

Menurut mereka, selama ini untuk mandi atau sekedar keluar kamar, cucu-cucunya harus menggendong nenek tersebut.

Pada hari yang sama, Artha juga menyerahkan bantuan serupa kepada Dewa Putu Dirgayusa (58), warga Kelurahan Banjar Tengah yang lumpuh, karena terkena diabetes.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015