Denpasar (Antara Bali) - Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar menggelar Festival film tahunan "Europe on Screen- (EoS)" selama dua hari 7-8 Mei 2015.

Festival film tahunan tersebut juga dilaksanakan di lima kota besar lainnya di Indonesia meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Surabaya, kata Koordinator Udayana Science Club Universitas Udayana, Vanesa Martida di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, pemutaran EoS 2015 di Bali memiliki keistimewaan dan bermakna karena dihadiri Gerben Schermer, Direktur Holland Animation Film Festival (HAFF), sekaligus tampil dalam diskusi yang akan mengungkapkan pandangannya mengenai industri perfilman, khususnya film animasi, berikut peran strategisnya ke depan.

Gerben Schermer memulai Holland Animation Film Festival (Festival Film Animasi Belanda) bersama Gerrit van Dijk, sutradara film animasi pada tahun 1985.

Schermer bergabung dengan sejumlah lembaga penting film animasi internasional antara lain ASIFA dan CARTOON, serta the Dutch organisations Holland Animation Association.

Selain itu merupakan salah satu pendiri dari The Netherlands Institute for Animated Films dan konsultan Netherlands Film Fund.

Program pemutaran film EoS 2015 di Bali merupakan kerja sama Pusat-Pusat Kebudayaan Eropa di Indonesia, Alliance Francaise Bali dan Bentara Budaya Bali, serta didukung Udayana Science Club (USC) Universitas Udayana.

Judul film yang akan diputar pada hari pertama (7/5) adalah The Keeper of Lost Causes (2013) dan pada hari kedua (8/5) ditayangkan "European Short Animation Film Program". (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015