Denpasar (Antara Bali) - Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar menggelar dialog kreatif anak muda dalam tajuk "Dari Titik Nol" serangkaian pelaksanaan "Bali Emerging Writers Festival" (BEWF).

"Dialog yang digelar Kamis (23/4) menampilkan tiga pembicara lintas bidang terdiri atas Windy Ariestanti, penulis kisah perjalanan yang juga aktif di penerbitan buku, Valiant Budi, novelis serta sineas muda Sidi Saleh," kata Penata Program BBB Juwitta Katriana di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, Windy Ariestanti selain penulis juga menjelajah Indonesia sambil berbagi soal penulisan dengan teman-teman di pelosok-pelosok Indonesia. Saat ini, bersama beberapa penulis muda, mengelola sekolah menulis kreatif di bawah bendera "Writing Table".

Sementara Valiant Budi, menuangkan kisah kehidupan pribadinya sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab, dalam buku berjudul Kedai 1002 Mimpi. Karya tersebut mendapatkan penghargaan sebagai Buku Nonfiksi Favorit, Anugerah Pembaca Indonesia 2014.

Sebagai lulusan cinematography IKJ, Sidi Saleh terbilang salah satu sineas muda berprestasi. Pada tahun 2013 berpartisipasi dalam Berlinale Talent Campus. "Fitri" adalah film pendek ketiga Sidi, yang turut berkompetisi dalam "Clermont Ferrand International Film Festival, 2014. Film pendek Sidi selanjutnya adalah "Maryam", film ini menjadi film pendek terbaik pada 71 Mostra Internazionale Cinematografica Film Festival 2014 di Venesia, Italia.

Juwitta Katriana menambahkan, ketiga kreator tersebut akan memperbincangkan titik nol atau awal dari proses cipta mereka, berikut pengalaman-pengalaman selama ini yang mendorong masing-masing bersetia dengan bidang ekspresinya. "Dialog lintas bidang itu diharapkan melahirkan berbagai pengetahuan untuk menciptakan kemungkinan kolaborasi, serta menjadi inspirasi bagi para kreator muda membuka wawasan dan kesempatan kerja sama," ujar Juwitta Katriana.

Bali Emerging Writers Festival (BEWF) ke lima tahun 2015 adalah sebuah festival sastra tahunan sebagai bagian dari festival utama yakni Ubud Writers and Readers Festival (UWRF). (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015