Denpasar (Antara Bali) - Praktisi pariwisata Putu Agung Prianta mengatakan Pulau Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata favorit wisatawan nusantara dan mancanegara, tetapi juga menjadi tujuan "work and play" atau tempat bekerja sekaligus bermain atau berwisata.

"Saya amati semakin banyak warga negara asing dari berbagai negara yang memilih Bali sebagai lokasi untuk bekerja sekaligus untuk bermain atau berlibur," katanya di Denpasar, Rabu. Ia mengatakan kenyataan yang terjadi di Bali para wisatawan banyak melirik pekerjaan di Pulau Dewata. Memang awalnya mereka berwisata, tetapi lama kelamaan tetarik untuk bekerja di Bali.

"Saya punya seorang teman asal Singapura, tapi dia kemudian mengajak anak dan istri ke Canggu, Kabupaten Badung untuk bekerja. Dia ini seorang pengusaha di bidang pembuatan software di Singapura, tapi memilih untuk melakukan pekerjaan di Canggu, Bali," katanya.

Menurut Direktur PT Jimbaran Hijau itu, mereka saat kerja pakai sandal jepit, rekrutmen banyak pegawai. Jadi dia ini tempat usahanya berpusat di Singapura, tapi dia melakukan pekerjaannya di Canggu Bali bersama keluarganya, dengan peralatan dan sistem kerja yang sudah canggih dan modern. Suasana Canggu berbeda dibanding Singapura, ini yang membuatnya pindah dan memilih bekerja sambil bermain (work and play) di Canggu, Bali.

Agung Prianta mengatakan, masa depan dunia adalah teknologi. Dengan kemajuan teknologi, orang bisa bekerja dimana saja tanpa terikat lokasi dan waktu. "Kini sudah semakin banyak terjadi, dimana bule-bule yang orang-orang teknologi, live, work, and play di Bali. Antara kerja dan bermain kini sudah semakin abu-abu. Generasi kita saat ini sudah bekerja semakin sedikit dibanding orang tua kita, tapi karena teknologi, kita bisa bekerja lebih efisien," ujarnya.

Dengan adanya tren ini, ke depan, kata Agung Prianta, Bali bisa menjadi tujuan favorit "work and play". Untuk mendukung agar Bali bisa menjadi destinasi favorit tersebut, dibutuhkan infrastruktur yang bagus, termasuk jaringan internet yang bagus serta berbagai infrastruktur penunjang lainnya. Dikatakan "trend live, work, and play" seperti yang terjadi di Bali saat ini, sudah banyak terjadi di luar negeri. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015