Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 38 seniman dari tiga negara ikut ambil bagian dalam pameran bersama di Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar, selama seminggu, 17-23 Januari 2014.

"Pameran seni rupa mengusung tema `Sama-sama` ini melibatkan seniman dari Malaysia, Filipina dan seniman dari sejumlah daerah di Indonesia," kata Koordinator pameran tersebut Antonius Kho di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan pameran bersama itu menyuguhkan sekitar 50 karya rupa hasil kreasi belasan seniman tiga negara tersebut.

Pameran kali ini merupakan kolaborasi antara Art Malaysia, The Arts Prints Alley, Cebu Artist Ink, Wina Gallery, serta Bentara Budaya Bali.

Pameran tersebut menampilkan karya dua dimensi, tiga dimensi, karya instalasi, multimedia, hingga performing art.

Antonius Kho yang juga seniman dan ikut dalam pameran tersebut menambahkan, tema yang diusung dalam pameran kali ini `Sama-sama` berangkat dari adanya kesamaan rumpun budaya dan bahasa dari kawasan Asia Tenggara.

Pameran di Pulau Dewata ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang berlangsung di Kuala Lumpur dan Malacca. Bermula pada tanggal 14 - 17 Agustus 2014 dalam ArtMalaysia Art Tourism Fair/AATF dihadirkan eksibisi bertajuk `Now Art is for Everyone`, diikuti seniman- seniman dari empat negara yakni Indonesia, Iran, Filipina, dan Malaysia.

Selanjutnya digelar Langkawi Art Biennale, 12-21 Oktober 2014 melibatkan 250 seniman dari 40 negara. Pameran tersebut mengusung tema "Migration". Acara serupa berlanjut ke Malacca International Art Festival/MICAF, di Malacca pada tahun 2015, diikuti oleh ratusan seniman terpilih dari berbagai negara di dunia, termasuk dari Indonesia dan Bali.

Seniman Malaysia yang ikut dalam pameran di Bali kali ini antara lain Asghar Yaghoubi, Martin Wood, Debora Teo Linang, Koh Shim Luen, Maxine Xie Xianxin, Tey Beng Tze, Rat Heist.

Seniman asal Filipina diwakili oleh Celco Pepito, Ross Capili, Angelico Vilanueva, Fe Madrid Pepito, Danny Pangan, Joe Datun.

Sementara seniman Indonesia terdiri atas Antonius Kho, Diyano Purwadi, Putu Sudiana Bonuz, Djunaidi Kenyut, IGN Sura Ardana, Made Somadita, Made Supena, Putu Edy Asmara, Ketut Lekung Sugantika, Imam Nurofiq, Ridi Winarno, Lindu Prasekti, Syahrizal Koto, Made Arya Dedok, Ketut Kabul Suasana, Made Kaek, Made Dollar Astawa, Nyoman Sujana Kenyem, Ketut Adi Candra, Nyoman Sani, Uuk Paramahita, Putu Bambang Juliartha, Tien Hong, Atmi Kristiadewi. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015