Denpasar (Antara Bali) - Rotary Club Bali Taman segera membantu empat PMI Kabupaten/kota untuk mendapatkan kulkas penyimpanan darah atau "blood bank refrigerator" untuk menjaga kesegaran darah pendonor tetap baik.

"Kami sudah merencanakan untuk membantu PMI Kabupaten/kota di Bali untuk penyediaan kulkas penyimpanan darah itu," kata Presiden Rotary Club Bali Taman, Rawi Adnyani, di Denpasar, Jumat.

Keempat kabupaten kota yang segera dibantu untuk penyediaan kulkas penyimpanan darah yakni Dempasar, Jembrana, Bangli, Klungkung.

Pihaknya mengharapkan dengan membantu PMI Kabupaten/kota dalam penyediaan alat kesehatan itu dapat secara terus menerus melayani ketersediaan darah di daerah setempat.

Kegunaan "blood bank refrigerator" itu, lanjut dia, khusus untuk menyimpan darah pendonor agar tidak mudah rusak.

"Keunggulan alat tersebut dapat menjaga kestabilan suhu saat penyimpanan cukup lama," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa penyerahan bantuan alat medis di masing-masing unit donor darah yang ada di Kabupaten/kota tersebut segera ditindaklanjuti.

Untuk target penyerahan bantuan kepada empat kabupaten/kota itu segera dilakukan pada Februari 2015. "Penyerahan bantuan itu tidak langsung segera. Namun, dibutuhkan beberapa waktu dan proses," ujarnya.

Hal itu diakuinya harus melalui prosedur pengajuan ke rotary Bali dan keempat Kabupaten/kota tersebut diberikan bantuan satu unit kulkas penyimpanan darah itu.

"Kami ingin membantu UDD PMI Kabupate/kota apa saja yang dibutuhkan di unitnya itu sehingga pelayanannya kepada masyarakat dalam memenuhi permintaan darah tetap berlanjut," ujarnya.(WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015