Denpasar (Antara Bali) - Pengurus Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Bali mengirim tiga petinju terbaiknya untuk mengikuti kejuaraan Sarung Tinju Emas (STE) di Medan, Sumatera Utara, 9-12 Desember 2014.

"Kami mendapat kepercayaan dari PP Pertina untuk mengirim petinju Bali ke kejuaraan STE," kata Komisi Teknik Pengprov Pertina Bali, IGM Adi Swandana, di Denpasar, Rabu.

Kepercayaan PP Pertina Pusat kepada tim Bali untuk mengirim petinju Bali yang berprestasi di kelasnya akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

PP Pertina melihat beberapa catatan prestasi ketiga petinju Bali yang mampu menunjukan kemampuannya di kancah nasional, regional maupun internasional.

"Kepercayaan pusat tersebut tidak kami disia-siakan dan kami siap mengirimkan tiga petinjunya ke STE Medan tersebut," ujarnya.

Ketiga petinju yang dikirim dalam ajang tersebut yakni Julio Bria di kelas terbang 52 kilogram, Cornelis K. Wangu (layang 49 kilogram), dan Valentinus (layang ringan 46 kilogram).

Ia menjelaskan bahwa prestasi terbaik Julio diraih saat merebut medali emas ajang SEA Games 2011, di Jakarta.

"Namun, di ajang Sea Games 2013 Myanmar dan Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan, prestasinya kurang bersinar," ujar Adi Swandana yang juga selaku pelatih tinju nasional dan pemilik sasana tinju Adi Swandana Boxing Camp (ASBC) Denpasar itu.

Untuk level nasional, lanjut dia, Julio masih yang terbaik di kelasnya sehingga dipercaya oleh PP Pertina mengikuti STE Medan.

Pihaknya mengharapkan kepercayaan yang diberikan PP Pertina dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Julio dengan menjadi juara sehingga bisa menjadi duta Indonesia ke Sea Games 2015 mendatang di Singapura.

Sedangkan Cornelis saat ini sebagai penyandang gelar juara STE sebelumnya dan mampu meraih medali emas dalam ajang Kejuaraan Tinju Amatir Internasional 2013 di Taiwan dan meraih perak SEA Games 2013 Myanmar.

"Cornelis merupakan petinju wakil Indonesia ke Asian Games Incheon 2014 dan Valentinus berprestasi di kancah nasional dengan berhasil menyabet perunggu dalam ajang kejuaraan Piala Wapres tahun lalu, di Lahat Sumatera Selatan," ujarnya.

Kemudian, untuk medali perunggu diraih Valentinus dalam ajang Kejurnas di Makassar 2014 dan youth di Banten tahun lalu.(MFD)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014