Gianyar (Antara Bali) - Sebuah rumah tradisional khas Bali di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali terbakar mengakibatkan kerugian sekitar Rp2 miliar, Senin.

"Musibah kebakaran di Banjar Lungsiakan itu mengangguskan rumah (Bale Dauh) milik I Gusti Lanang Bawa (61)," kata Kompol I Wayan Sumara, petugas kepolisian setempat di lokasi kejadian yang mengkoordinasikan upaya pemadaman si jago merah.

Kerugian diperkirakan mencapai Rp 2 miliar akibat satu unit bangunan tradisional khas Bali, satu kilogram emas serta barang berharga lainnya ludes terbakar.

Musibah tersebut terjadi pukul 06 00 wita, korban melihat api berasal dari kabel listrik yang ada di belakang rumah dengan tiba tiba, korban kaget dan berusaha untuk memadamkan api.

Usaha yang dilakukan korban sia-sia karena kran PDAM tidak mengalirkan air. Korban menjadi panik semantara api sudah membesar, dan dengan spontan berteriak minta tolong sama warga yang ada disekitarnya.

Warga banyak yang datang, namun tidak bisa berbuat banyak karena api sudah besar. Salah satu warga yang tahu dan bisa menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gianyar, menjelang 20 menit dua mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung berusaha memadamkan api yang semakin membesar.

Api dapat dipadamkan namun rumah sudah hangus. Penyebab Kebakaran diperkirakan terjadi Kosleting kabel arus pendek listrik. (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014