Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kualitas demokrasi guna memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Ketua sementara DPRD Kabupaten Badung, Nyoman Giri Prasta di sela-sela peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mangupura, Rabu.

"Sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI telah banyak terjadi rongrongan baik dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan ini dimungkinkan karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan-kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara," ujarnya.

Menurut dia, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2014 mengambil tema Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi di Kabupaten Badung dengan menggelar upacara bendera yang berjalan dengan tertib dan khidmat.

Sementara itu, Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung mengatakan, momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila agar senantiasa bergelora dalam segenap hati masyarakat bangsa Indonesia untuk selalu waspada terhadap berbagai upaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi.

"Dalam sejarah dibuktikan bahwa Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh," ujrnya.

Oleh karena itu, Gde Agung yang juga Tokoh Puri Mengwi itu mengajak segenap masyarakat sebagai generasi penerus bangsa agar tetap senantiasa mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk keutuhan NKRI. (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014