Jakarta (Antara Bali) - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Organisasi Kerja Sama Ekonomi (ECO) akan meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata.

Berdasarkan keterangan tertulis ASEAN yang diterima Antara di Jakarta, Senin, kerja sama tersebut akan diwujudkan dalam Forum Pariwisata Bersama ASEAN-ECO di sela-sela Rapat Menteri ECO bidang Pariwisata yang ke-3 di Antalya, Turki, pada November 2014.

Kesepakatan kerja sama pariwisata itu selaras dengan hasil rapat bersama setingkat menteri ke-14 ASEAN-ECO yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Umum ke-69 PBB di New York pekan lalu.

Selain membahas permasalahan pariwisata, kedua organisasi ini juga menjajaki kemungkinan kerja sama dalam hal-hal yang menyangkut kepentingan bersama, seperti perdagangan dan investasi, pengembangan usaha kecil dan menengah, pelibatan pihak swasta, serta pengendalian obat-obatan terlarang.

Pada rapat itu, ASEAN-ECO juga menekankan pentingnya mempromosikan interaksi sektor swasta dan pengusaha antara kedua organisasi untuk meningkatkan perdagangan dan investasi antar-wilayah serta setuju untuk menggelar Forum Bisnis Pertama ASEAN-ECO pada tahun depan.

Rapat ini sendiri dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN dan ECO dan dipimpin oleh Malaysia dan Republik Islam Iran serta dihadiri oleh sekretariat kedua organisasi. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014