Tokyo (Antara Bali/AFP) - Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok akan menggelar pertemuan tiga pihak antar kepala keuangan dan gubernur bank sentral mereka pekan ini di Australia, ungkap kementerian keuangan Jepang pada Selasa, salah satu hubungan dengan tingkat tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Pertemuan itu akan digelar pada Jumat di Cairns di sela-sela perundingan yang melibatkan beberapa menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara besar anggota Kelompok 20 (G20), ungkap kementerian tersebut.

“Pertemuan itu cenderung akan membahas beberapa isu ekonomi makro dan kemungkinan kerja sama keuangan di kawasan tersebut,” kata seorang pejabat kementerian.

Tiga negara itu secara rutin menggelar perundingan dalam pertemuan tahunan Asian Development Bank, namun pertemuan tersebut sempat dibatalkan dalam beberapa tahun terakhir di tengah perselisihan politik atas isu-isu teritorial dan isu terkait sejarah.

Tokyo memicu pertikaian politik dengan Beijing hampir dua tahun lalu dengan menasionalisasi beberapa kepulauan bersengketa di Laut Tiongkok Timur.

Hubungan antara Tokyo dan Seoul juga menurun karena sengketa terkait pemerintahan kolonial Jepang yang keras pada 1910-1945 di semenanjung Korea. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014