Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 852 petarung mengikuti ujian kenaikan tingkat gelombang II yang rutin diselenggarakan Pengprov Kodrat Bali, pada Minggu (14/9) di desa Carangsari, kabupaten Badung, Bali.

"Jumlah peserta UKT tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya," kata Seketaris Umum Pengprov Kodrat Bali, A A Bagus Tricandra Arka, di Denpasar, Selasa.

Dalam ajang ujian kenaikan tingkat gelombang II tersebut mengalami penurunan jumlah peserta yang mana pada UKT gelombang I peserta berjumlah 1.050 orang.

Namun, pihaknya tidak mempermasalahkan hal itu mengingat antusias petarung dalam menjalani UKT tersebut sangat luar biasa.

"Meskipun jumlah peserta menurun. Namun, tidak menyurutkan niat petarung antusias menjalani UKT tersebut," ujarnya.

Bagus menuturkan bahwa dalam UKT tersebut dihadiri Sang Guru Besar Tarung Derajat, H. Achmad Drajat, Kompyang R. Swandika (Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali), Pengurus kabupaten/kota se-Bali dan Ketua Harian PC Kodrat kabupaten/kota se-Bali.

Ia mengatakan Sang Guru saat menghadiri acara UKT tersebut menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pembinaan petarung degan baik, otomatis menciptakan kesadaran, kecerdasan, kesantunan, serta kedisiplinan baik anggota maupun pelatih.

Selain itu, cabor tarung derajat yang sudah masuk dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun depan di Jawa Barat itu, Pengprov akan mengambil langkah-langkah mempersiapkan tim untuk turun di ajang tersebut.

"Walaupun masih sebatas ekshibisi di Popnas kami lakukan dengan sungguh-sungguh," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tim Bali tersebut juga dipersiapkan untuk ajang Porsenijar tahun depan dan sudah menjadi kegiatan ekstrakurikuler di SMP, SMA/SMK di kabupaten Badung, Gianyar dan kota Denpasar. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014