Negara (Antara Bali) - Makanan di beberapa kantin sekolah di Kecamatan Mendoyo, yang didatangi petugas dari Dinas Perindagkop Jembrana, Rabu, dinyatakan kurang bersih karena tanpa penutup.

"Rata-rata makanan cepat saji tidak dilengkapi penutup, padahal rawan dihinggapi lalat yang menyebarkan penyakit. Selain itu, ada beberapa yang alasnya kurang bersih," kata Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Dinas Perindagkop Jembrana, Wayan Suriatmaja.

Selain soal tutup makanan cepat saji, ia mengaku, pihaknya juga menemukan jenis makanan ringan yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, dalam kemasannya.

Menurutnya, tidak adanya tanggal kadaluarsa dalam kemasan tersebut berbahaya, karena bisa memicu keracunan di kalangan murid.

Terkait temuan tersebut, ia memberikan pembinaan kepada pengelola kantin agar memberikan tutup pada makanan cepat saji yang dijualnya.

"Untuk makanan ringan tanpa tanggal kadaluarsa kami berikan teguran keras, karena sangat berbahaya. Kami tidak ingin murid keracunan makanan tersebut," ujarnya.

Kepada pengelola kantin sekolah, ia minta mereka menolak, jika ada yang menawarkan untuk menjual makanan ringan tanpa mencantumkan masa kadaluarsa, meskipun harganya murah.

Di Kecamatan Mendoyo, petugas melakukan inspeksi mendadak ke lima kantin, yang temuannya rata-rata sama, yaitu soal kebersihan, dan makanan ringan tanpa pemberitahuan kadaluarsa.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014