Denpasar (Antara Bali) - Sasya Tranggono (51), seniman kelahiran Jakarta yang sukses menggelar pameran di berbagai negara, kembali akan menyuguhkan karya kanvasnya di Sudakara Art Space, Sudamala Suites & Villas, Sanur, Kota Denpasar, Bali.

"Pameran tunggal yang mengusung tema `My Beautiful Indonesia` akan digelar selama sebulan, 21 Agustus - 21 September 2014," kata Sasya Tranggono di Denpasar, Rabu.

Bertindak sebagai kurator pameran tersebut Jean Couteau, seorang budayawan asal Prancis yang sudah puluhan tahun menetap di Pulau Dewata.

Sasya Tranggono, pelukis kelahiran Jakarta, 25 Desember 1963, selama ini sukses menggelar pameran tunggal di mancanegara, antara lain di Van Waning Gallery di Rotterdam, Belanda, Ayala Museum di Manila, Pilipina dan CoChin Gallery di Singapura.

Ia menekuni seni lukis sejak tahun 1990, pameran tunggal pertamanya digelar tahun 1999 di Cipta Merkurius Gallery, Jakarta, berjudul "Focus 99".

Sasya Tranggono sebelumnya juga pernah beberapa kali mengadakan pameran di Pulau Dewata, salah satunya bertajuk "From Indonesia with Love" pada 23 Januari 2014.

Pameran yang akan digelar kali ini diharapkan mampu menambah semarak dan memberikan warna tentang perkembangan seni rupa di Pulau Dewata.

Sejumlah museum dan galeri di Bali menggelar pameran lukisan dan karya seni lainnya dalam ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014.

Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar misalnya menggelar pameran foto karya 13 fotografer mancanegara menyuguhkan 70 karya foto nuansa yang berbeda mengusung tema "Airmata Lensa: Membaca Fenomena Orang-Orang Terpasung" berlangsung seminggu, 19-24 Agustus 2014.

Demikian pula Museum di Puri Ageng Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali memamerkan 50 foto dari 25 jenis tarian yang diperagakan oleh maestro seni tari Bali, Ida Bagus Blangsinga.

Foto-foto tersebut karya pilihan hasil jepretan dari Komunitas Photografi Menapak Jalan Leluhur (MUL).

Sementara di Dewangga Hause of Lempad perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar berlangsung pameran lukisan yang menyuguhkan 160 lukisan karya maestro seni lukis Bali I Gusti Nyoman Lempad (alm) beserta keluarganya selama sebulan, 27 Juli-28 Agustus 2014.

Made Mahendra Mangku (41), alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menampilkan 25 karya seni dalam pameran tunggal yang diberi judul "Interior Journey" di Tony Raka Gallery, Mas perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014