Amlapura (Antara Bali) - Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal AJ Benny Mokalu mengingatkan para penambang galian golongan C di Kabupaten Karangasem untuk lebih memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Penambangan galian C harus benar-benar memperhatikan keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, diperlukan penyamaan persepsi untuk menemukan solusi atas setiap masalah lingkungan," katanya saat bertatap muka dengan para penambang galian golongan C di kantor Pemkab Karangasem di Amlapura, Kamis.

Ia mengemukakan filosofi umat Hidhu, Tri Hita Karana, hendaknya dapat diimplementasikan dalam pengelolaan lingkungan.

"Pemanfaatan galian C diarahkan untuk semaksimal mungkin demi kemakmuran rakyat dengan menyadari sepenuhnya faktor risiko untuk tidak sengaja melanggar aturan yang ada," ujarnya di sela-sela sosialisasi penambangan galian golongan C itu.

Sementara itu, Bupati Karagasem I Wayan Geredeg mengakui bahwa aktivitas penambangan golongan galian C sangat berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan.

"Mengingat galian C merupakan aset utama Kabupaten Karangasem, di samping pariwisata, maka upaya reklamasi harus menjadi perhatian juga," ujarnya.

Kontribusi penambangan galian golongan C berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karangasem hingga mencapai 6,3 persen.

"Bahkan untuk menyelaraskan antara fakta di lapangan dengan aturan yang ada juga telah diupayakan jalan tengah melalui revisi perda," ujar Bupati yang tersangkut dugaan korupsi pipanisasi air bersih di daerahnya itu. (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014