Denpasar (Antara Bali) - Akademisi dari Universitas Warmadewa, Denpasar, Gede Oka Wisnumurti M.Si mengingatkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tidak mempersoalkan Pancasila sebagai dasar negara.

"Saya berharap pemimpin kita periode ini mampu memberikan pendidikan politik yang cerdas kepada masyarakat dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan persoalan rakyat sesuai dengan ideologi Pancasila," ujar Oka Wisnumurti di Denpasar, Minggu.

Pihaknya mengharapkan dengan memiliki calon pemimpin yang memiliki Idiologi Pancasila diyakini mampu menjawab persoalan bangsa dan rakyat sehinga terciptanya masyarakat adil dan makmur.

Oka Wisnumurti mengemukakan bahwa dengan terciptanya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 maka visi bangsa yang telah diproklambirkan oleh pendiri bangsa terdahulu sejalan dengan yang diharapkan rakyat saat ini.

Ia menambahkan bahwa pentingnya pemimpin yang memiliki Idiologi Pancasila mampu membawa indonesia kedepannya kearah lebih baik dan membangun karakter bangsa yang tegas, cinta tanah air dan belanegara.

"Pemilu sebagai wahana demokrasi merupakan bagian terpenting bagi bangsa indonesia dalam mengokohkan sistem politik demokrasi yang konstitusional, kontruktif dan memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pentingnya memilih calon pemimpin yang memiliki karakter tersebut untuk memperkuat keutuhan bangsa. "Selain itu, pemilu merupakan upaya sadar masyarakat untuk memperkuat demokrasi untuk membangun politik bangsa," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014