Negara (Antara Bali) - Duta Jembrana untuk Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kota Malang, Jawa Timur, didampingi langsung Bupati I Putu Artha, beserta pejabat teras pemkab lainnya.

Kepala Seksi Humas Bagian Humas Dan Protokol, Ida Bagus Surya Putra, Minggu mengatakan, dalam kegiatan yang diikuti ribuan petani nelayan dari seluruh Indonesia ini, Jembrana mengirimkan 40 orang sebagai duta daerah.

Menurutnya, kedatangan Artha bersama Sekkab Jembrana, Gede Gunadnya serta pimpinan DPRD, untuk memberikan motivasi kepada mereka, agar bisa mendapatkan manfaat dari Pekan Nasional KTNA ini.

Kepada peserta dari Kabupaten Jembrana, Artha berpesan agar mereka bisa menimba pengetahuan serta pengalaman dari petani nelayan daerah lainnya, karena sektor ini selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Selain itu, sebagai duta Kabupaten Jembrana, mereka juga harus bisa memperkenalkan serta mempromosikan kemajuan sektor tersebut kepada petani daerah lainnya.

"Jangan sekedar menjadi peserta setelah itu pulang. Saat ini disini, saudara semua harus bisa menemukan solusi terhadap persolan pertanian di daerah kita," katanya.

Beberapa program yang menurutnya bisa disampaikan dalam Penas tersebut antara lain, perlindungan subak atau irigasi, peningkatan produksi padi, serta bantuan mesin tempel bagi nelayan.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan Jembrana, I Ketut Wiratma yang ikut dalam rombongan ini mengatakan, beberapa produk pertanian dari daerahnya ikut dipamerkan dalam Penas ini.

"Produk tersebut antara lain semangka dan melon kotak, yang merupakan inovasi sektor pertanian di Jembrana," katanya.

Sementara untuk persoalan pertanian, ia akan berusaha mencari solusi terkait hama dan penyakit pohon pisang, yang sampai saat ini belum bisa diatasi.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014