Jakarta (Antara Bali) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali memamerkan hasil kerajinan unggulan dari kabupaten/kota provinsi itu di Jakarta serangkaian HUT ke-34 Dekranas di Jakarta.

"Bali memiliki beragam produk unggulan dari setiap kabupaten/kota. Misalnya Klungkung dengan hasil tenun kain rangrang dan cepuk, serta Gianyar terkenal dengan songketnya. Sedangkan Karangasem punya anyaman ata yang tak ada di daerah lain di Indonesia," kata Ketua Dekranasda Bali Ayu Pastika di sela-sela pameran tersebut, di Jakarta, Kamis.

Bahkan, ucap dia, kain endek hasil kerajinan Kota Denpasar telah digunakan oleh kepala negara seluruh dunia pada kegiatan APEC beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, Bali sesungguhnya tidak kalah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Di sisi lain, menurut istri orang nomor satu di Bali itu, HUT Dekranas yang mengangkat tema "Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan sebagai Basis dalam Menyongsong Pasar Bebas ASEAN 2015" juga sejalan dengan berbagai upaya yang telah dilakukannya.

"Menyongsong pasar bebas ASEAN 2015, Dekranasda Bali telah mempersiapkan diri dengan mengintensifkan pelatihan bagi perajin agar mampu menciptakan karya bermutu tanpa meninggalkan ciri khas Bali," katanya.

Ayu Pastika menambahkan bahwa Pemprov Bali juga mempunyai kepedulian besar terhadap keberadaan sektor kerajinan yang antara lain ditunjukkan dengan pemberian dana simpan pinjam bagi perajin pemula.

"Bahkan dalam kunjungan saya ke Nusa Penida, Klungkung, baru-baru ini, Gubernur Bali juga memberikan alat tenun untuk memotivasi perajin pemula untuk maju dan berkembang," ujarnya.

Ia pun mengingatkan tentang hak cipta produk. "Tentang hak cipta tenun dan kerajinan, saya telah memberi tahu kepada para perajin untuk sering mempromosikan hasil karyanya dan mampu dengan baik menjelaskan apa perbedaan hasil karya yang asli dengan hasil karya palsu yang memang sekarang sering beredar," katanya.

Melalui pameran di ajang HUT ke-34 Dekranas ini, dia berharap hasil kerajinan Bali makin dikenal di seluruh Indonesia. Apalagi, dalam bulan ini Bali juga akan menggelar Pesta Kesenian Bali, yang salah satu kegiatannya adalah pameran produk kerajinan. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014