Denpasar (Antara Bali) - Badan Narkotika Nasional Kota Denpasar melakukan tes urine kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Denpasar untuk menciptakan sekolah bebas dari peredaran narkoba.

"Kami harapkan pelajar dan pihak sekolah ikut berperan dalam menciptakan lingkungan yang bebas narkoba, salah satunya melalui tes urine ini," kata Kepala BNN Kota Denpasar Purwadi, Senin.

Tes urine tersebut dilaksanakan untuk menjaring para pelajar yang saat ini menjadi salah satu sasaran pengguna barang haram itu.

Namun dari total jumlah siswa di sekolah tersebut yang berjumlah 1.180 hanya 225 orang yang diambil sampel air seninya.

Dilengkapi dengan peralatan tes khusus narkoba, petugas mengecek urine para pelajar berdasarkan empat kriteria kandungan, di antaranya ampethanime, metaamphetamine, ganja, dan pengaruh obat-obatan yang bebas dijual di pasaran.

BNN sendiri menargetkan tujuh sekolah negari dan swasta yang didatangi untuk melaksanakan tes urine. Selain sekolah, BNN sebelumnya telah menyasar sejumlah perusahaan swasta dan instansi pemerintahan untuk mencegah peredaran narkoba di setiap kalangan masyarakat.

Apabila terdapat pelajar yang positif mengonsumsi narkoba, maka pihak BNN akan melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan sekolah untuk selanjutnya dilaksanakan rehabilitasi. (ADT)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014