Negara (Antara Bali) - Ribuan Linmas atau yang dulu disebut Hansip, dikerahkan Pemkab Jembrana untuk menjaga TPS, bersama TNI, Polri dan pecalang (keamanan desa adat).

"Kami kerahkan Linmas, untuk membantu menjaga logistik Pemilu, yang hari ini sudah didistribusikan ke PPS," kata Bupati Jembrana, I Putu Artha, di Negara, Senin.

Agar ribuan Linmas ini bisa menjalankan tugas dengan baik, mereka diberikan pengarahan teknis di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara, termasuk pembagian tugas di TPS.

Kepada mereka, Artha berpesan, dalam menjalankan tugas, Linmas harus tetap berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri, karena dari sisi hukum mereka lebih paham.

Untuk memotivasi mereka, ia menjanjikan, penghargaan bagi anggota Linmas yang dianggap sukses dalam menjalankan tugasnya mengamankan Pemilu.

Kepala Kantor Satpol PP Jembrana, Gusti Ngurah Rai Budi mengatakan, pihaknya mengerahkan 1.158 anggota Linmas, yang akan menjaga 579 TPS.

Setiap Linmas yang bertugas menerima honor Rp250 ribu, namun dipotong pajak sehingga menerima honor bersih Rp235 ribu.

Sementara Ketua Panwaslu Jembrana, Made Pande Ady Muliawan mengatakan, dari pantauan yang pihaknya lakukan, distribusi logistik Pemilu ke PPS berjalan lancar.(GBI/WRA)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014