Denpasar, 8/7 (ANTARA) - Kwartir Daerah Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Badung, mengikutsertakan 40 pramuka pada Perkemahan Wirakarya se-Bali di Lapangan Yowana Wijaya, Desa Subagan, Kabupaten Karangasem, 8-12 Juli 2010.

"Mereka berasal dari pelajar SMA/SMK yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Badung Cok Raka Darmawan, SH, MSi di Mangupura, Kamis.

Ke-40 duta pramuka yang akan bergabung dengan utusan dari tujuh kabupaten lainnya dan satu kota di Bali guna mengikuti serangkaian kegiatan itu, keberangkatannya dilepas Wakil Bupati Badung Drs I Ketut Sudikerta.

Sudikerta yang mewakili Bupati Anak Agung Gede Agung mengharapkan peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dari penanaman pohon penghijauan, bedah rumah atau merenovasi rumah warga miskin, latihan penyelamatan (SAR) serta penanggulangan bencana.

Hal itu penting dilakukan, mengingat pramuka merupakan salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang sangat tepat untuk membina dan mewujudkan generasi muda yang tangguh.

"Melalui kegiatan kepramukaan, peserta dilatih berbagai kreativitas, berpikir positif, kritis terhadap permasalahan yang muncul di sekitar kita," ujar Wabud Ketut Sudikerta.

Ia juga mengharapkan, melalui Perkemahan Wirakarya Pramuka se-Bali hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk saling mengisi dan bertukar pengalaman dengan sesama anggota pramuka.

Hal yang terpenting, menurut Sudikerta, adalah mengikuti seluruh kegiatan yang sudah diagendakan, dengan penuh rasa tanggungjawab, disiplin serta selalu memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan.

Dengan kegiatan kepramukaan akan tumbuh sikap mandiri, rasa berkorban serta pengabdian kepada bangsa, ujarnya.

Wabub Sudikerta pada kesempatan itu memberi bantuan dana Rp10 juta untuk kelancaran selama mengikuti perkemahan tersebut.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010