Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali kembali menggelar lomba karya tulis, karikatur dan foto jurnalistik (LKTF) berhadiah total hingga Rp50 juta sebagai upaya penyebarluasan informasi dan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap program Bali Mandara.

"Sekaligus dengan lomba yang digelar ketiga kalinya ini untuk memberikan ruang kreativitas generasi muda terlibat aktif dalam implementasi pembangunan di Pulau Dewata menuju Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera (Mandara)," kata Kepala Biro Humas Pemprov Bali Ketut Teneng, di Denpasar, Selasa.

Tema lomba tahun ini, ucap dia, adalah "Pengentasan Kemiskinan Menuju Masyarakat Bali Mandara". Tema tersebut sengaja diangkat untuk mencari masukan terhadap upaya pengentasan kemiskinan yang telah dilakukan Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Bali Made Mangku Pastika versi masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa di seluruh Bali.

"Latar belakang tema juga karena penanganan kemiskinan merupakan prioritas utama dalam program-program pembangunan Bali Mandara," ucapnya.

Selama lima tahun lebih Bali Mandara berjalan, banyak keberhasilan telah dicapai pemerintah bersama-sama seluruh masyarakat khususnya dalam pengentasan kemiskinan. Sebagai gambaran, pada 2013 tingkat kemiskinan di Bali mencapai angka terendah 3,22 persen dari 2008 yang mencapai 6,17 persen.

Teneng berharap, LKTFJ 2014 ini mampu makin memotivasi masyarakat dan generasi muda (pelajar dan mahasiswa) Bali untuk berperan serta secara lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pembangunan, khususnya dengan mengirimkan karya tulis, foto jurnalistik dan karikatur untuk mengikuti lomba ini.

"Seluruh program Bali Mandara seperti JKBM, Simantri, Bedah Rumah, Beasiswa Pendidikan bagi Siswa miskin dan program pendidikan lainnya, Jamkrida Bali Mandara, Trans Sarbagita, Keamanan berstandar internasional, program Bali Green Province dan Gerbangsadu Mandara dapat dijadikan objek karya," ujarnya.

LKTFJ yang berhadiah total Rp50 juta itu terdiri dari lomba karya tulis tingkat SMA sederajat, tingkat mahasiswa, lomba foto jurnalistik dan lomba karikatur untuk masyarakat, pelajar dan mahasiswa.

Penerimaan hasil karya dibuka sejak penyampaian informasi ini sampai dengan 1 Agustus 2014. Karya yang dikirim melalui pos agar ditujukan kepada Panitia Lomba Karya Tulis, Karikatur dan Foto Jurnalistik dengan alamat Bagian Pengumpulan Data Biro Humas Setda Provinsi Bali, Jalan Basuki Rahmat, Niti Mandala Denpasar.

Syarat dan ketentuan lomba dapat dilihat pada website Biro Humas Setda Provinsi Bali dengan alamat birohumas.baliprov.go.id dan dapat dilihat pada pamflet lomba yang akan disebar panitia ke seluruh instansi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemkab/Pemkot seluruh Bali. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014