Denpasar (Antara Bali) - Bentara Budaya Bali (BBB) bekerja sama dengan Pusat Kebudayaan Jerman Goethe Institut Jakarta menggelar malam sastra.

"Kegiatan bertajuk Sandyakala Sastra#38: 10 Tahun Seri Puisi Jerman digelar Jumat (28/2) petang di BBB Ketewel, Gianyar," kata staf Bentara Budaya Bali Putu Aryastawa yang juga penata kegiatan tersebut di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, sejumlah agenda mewarnai kegiatan sastra di lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia itu, antara lain diskusi seputar buku kumpulan puisi "Tiefen, Dirzugekehrt", pembacaaan sajak dan pemutaran film dokumenter.

Tampil sebagai pembicara dalam diskusi itu antara lain Agus R. Sarjono dan Berthold Damshäuser.

Putu Aryastawa menambahkan, kumpulan puisi Tiefen, Dirzugekehrt yang akan dibahas karya Rainer Maria Rilke, salah seorang penyair terbesar dalam penulisan sajak berbahasa Jerman, yang masuk dalam literatur dunia.

Tiefen, Dirzugekehrt berisi 40 sajak dan telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan judul "Kedalaman, Terserah Padamu". Kumpulan puisi tersebut diterbitkan secara khusus dalam rangka memperingati sepuluh tahun "Seri Puisi Jerman"

Agus R. Sarjono dan Berthold Damshäuser penerjemah kumpulan puisi tersebut tampil sebagai pembicara utama dalam diskusi yang juga diisi dengan pembacaan sajak-sajak pilihan dari sepuluh tahun "Seri Puisi Jerman".

Putu Aryastawa menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama kultural di bidang sastra antara Indonesia dengan Jerman. (*/ADT)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014