Kuta (Antara Bali) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk turut serta menyelamatkan Pantai Kuta, Bali, dengan melakukan gerakan bersih pantai bersama karyawan toko swalayan berjaringan itu.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dan menjaga kelestarian lingkungan dan daerah tujuan wisata di Pulau Bali," kata Ni Luh Gede Wija selaku Branch Manager Alfamart Bali di sela-sela acara pembersihan pantai di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.

Kondisi Pantai Kuta selama memasuki musim penghujan mengalami penurunan kualitas lingkungan sehingga mengakibatkan seluruh kawasan dipenuhi oleh sampah kiriman yang terbawa hanyut oleh air laut.

Penurunan kualitas lingkungan itu terjadi hampir setiap tahun terutama saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

Hal itu tentunya menjadi perhatian semua pihak termasuk dari jajaran manajemen dan karyawan Alfamart cabang Bali.

Selain itu, kegiatan itu juga merupakan bagian dari program "Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart Clean and Green" yang fokus kepada kepedulian terhadap lingkungan.

Dia menambahkan, pembersihan pantai yang menjadi tujuan wisataan mancanegara itu diikuti ratusan karyawan Alfamart di wilayah Pulau Dewata.

Menurut dia, program CSR dilaksanakan dengan melibatkan kelompok masyarakat, seperti warga banjar, dusun, desa, kelompok subak, bendesa adat, akademisi/perguruan tinggi, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat dan instansi-instasi terkait.

"Untuk kegiatan kali ini kami pun menjalin kerja sama dengan Bendesa Adat Kuta. Semoga saja gerakan sosial seperti ini dapat diikuti pihak lainnya," ujarnya.

Target dari pembersihan itu adalah mengumpulkan sebanyak-banyak sampah yang ada di Pantai Kuta sehingga menyiapkan ratusan kantong plastik sampah.

Selain membersihkan sampah, pada kesempatan itu pihaknya juga memberikan bantuan untuk memenuhi peralatan bagi belasan petugas kebersihan di Pantai Kuta yang diberdayakan oleh desa adat setempat.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryatala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014