Denpasar (Antara Bali) - Ribuan umat Hindu melakukan persembahyangan di Pura Dalem Puri Besakih, Kabupaten Karangasem, sekitar 65 kilometer Timur Laut Kota Denpasar, Bali, Minggu.

Menurut Panitia Piodalan Ngusaba Pura Dalem Puri Besakih Jero Mangku I Gusti Mangku Ngurah Kubayan mengatakan bahawa upacara piodalan di pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung tersebut mulai sejak 30 Januari dan puncak Karya Piodalan pada tanggal 6 Februari 2014.

"Upacara piodalan tersebut sudah mulai sejak Kamis (30/1) yang diawali dengan `pecaruan` atau pembersihan secara spiritual," katanya.

Ia mengatakan bahwa umat Hindu dari pelosok desa di Pulau Dewata akan melakukan persembhyangan bersama dengan keluarganya ke pura tersebut.

"Menurut kepercayaan umat Hindu, bahwa para leluhurnya pada saat piodalan di pura tersebut semua melakukan `ngayah` yang turun dari surga," ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, para keluarganya akan membawakan sesaji sesuai dengan kemampuan dalam tatanan upacara yang dirangkai dengan janur, buah-buahan, bunga, dan lainnya sebagai wujud persembahan kepada leluhurnya.

"Mereka akan berdoa agar diberi keselamatan lahir dan batin kepada keturunannya dan semua umat yang ada di bumi," katanya. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014