Negara (Antara Bali) - Pemkab Jembrana menyiapkan dana Rp1 miliar untuk bantuan bencana di tahun 2014, yang berasal dari dua pos anggaran.

"Kami anggarkan dana tak terduga Rp500 juta, dan bansos tidak terencana Rp500 juta. Semua dana itu, untuk mengantisipasi jika terjadi bencana tahun ini," kata Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, di Negara, Jumat.

Sementara terkait Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang hingga kini belum terbentuk di Jembrana, ia mengatakan, instansi yang selama ini menangani bencana yaitu Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Kesos, dengan dibantu relawan, masih mampu melakukannya.

"Untuk membentuk institusi baru, paling tidak dibutuhkan anggaran Rp3 juta setiap tahun. Karena kami lihat yang ada sekarang masih mampu, lebih baik dana sebesar itu digunakan untuk keperluan rakyat lainnya," ujarnya.

Menurutnya, jumlah personel gabungan dari berbagai instansi tersebut mencapai ratusan orang, belum termasuk relawan dan koordinasi dengan TNI, Polri serta Basarnas.

"Selama ini mereka selalu berhasil melakukan penanggulangan bencana, maupun menangani korbannya. Kami menganggap belum perlu membentuk badan khusus," katanya.

Ia menegaskan, dalam pembentukan struktur pemerintahan, pihaknya memegang prinsip efisiensi, dengan postur struktur yang ramping, namun memiliki banyak fungsi.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014