Denpasar (Antara Bali) - Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Provinsi Bali mendorong para anggotanya untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga memiliki daya saing yang memadai.

"Dalam rangka menghadapi persaingan global, kita harus meningkatkan kulitas kerja dan SDM yang kita miliki sehingga mampu bersaing dengan perusahan internasional," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah Gapensi Provinsi Bali Wayan Adnyana di sela jalan santai yang diselenggarakan Gapensi di Lapangan Puputan Renon di Denpasar, Minggu.

Saat ini, katanya, perusahaan kecil tidak dibatasi untuk mengikuti tender proyek yang dilakukan pemerintah.

Dengan terbukanya peluang persaingan di luar tersebut, katanya, harus diiringi peningkatan kulitas SDM dan kualitas kerjanya.

Selain itu, dia juga menyarankan masyarakat dan investor yang melakukan pembangunan di Bali agar lebih mengutamakan perusahaan lokal.

Hal itu, katanya, sekaligus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Dia mengakui masih banyak pembangunan skala besar di Bali yang mengutamakan kontraktor luar.

Padahal, katanya, pekerjaan yang dilakukan masih dalam tahap standar dan bisa dikerjakan oleh perusahaan lokal.

Oleh karena itu, dia akan bekerja sama dengan Pemprov Bali untuk bisa memecahkan permasalahan tersebut.

Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta juga menyarankan untuk terus meningkatkan kualitas SDM sehingga anggota Gapensi setempat memiliki daya saing global.

"Kami akan membantu melalui BLK (Balai Latihan Kerja) dan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan SDM di Bali," katanya. (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014