Denpasar (Antara Bali) - Ribuan kambing dari sejumlah kabupaten didatangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar hewan kurban menyambut Hari Raya Idul Adha di Denpasar, ibu kota Provinsi Bali.

"Kambing yang terdiri berbagai jenis itu didatangkan dari pusat-pusat pemeliharaan di sejumlah kabupaten," kata Suartono, pedagang asal Jawa Timur yang berjualan hewan ternak tersebut di tepi Jalan Gatot Subroto, Denpasar, Sabtu.

Di kawasan tersebut terdapat belasan kelompok pedagang kambing dan sapi. Setiap kelompok paling sedikit mendatangkan 200 ekor khusus untuk diperdagangkan dalam rangkaian menyambut Idul Adha di Pulau Wisata Bali.

"Kalau sepuluh kelompok saja dengan masing-masing mendatangkan 200 ekor, berarti ada 2.000 kambing yang diperdagangkan di Denpasar. Kami yakin hewan kurban ini akan habis terjual," kata Supardi pedagang lainnya.

Di sepanjang Jalan Gatot Subroto, Kebo Iwa dan kawasan Kuta, ada sepuluh kelompok pedagang hewan kurban dari wilayah barat Bali. Belum lagi di sekitar Kampung Jawa, Denpasar, yang menjadi pusat penjualan kambing di Bali.

Harga kambing bervariasi sesuai besar kecilnya hewan kurban tersebut, yakni yang berukuran sedang sekitar Rp1,5 juta dan yang besar bisa lebih dari Rp3 juta per ekor, kata Suartono.

Para pedagang dadakan di pinggir jalan raya itu juga mendatangkan kambing dari Karangasem, Buleleng, Bangli, Klungkung, guna mencukupi keperluan hari raya umat Islam di daerah ini. (LHS)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013