Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperoleh alokasi dana sebesar Rp6 triliun untuk menggarap berbagai aspek pembangunan menyangkut potensi kelautan di Indonesia.

"Dana tersebut bersumber dari APBN 2013 yang dialokasikan ke berbagai daerah di nusantara," kata Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan Anang Nugroho di Denpasar, Selasa.

Di sela-sela kesibukan menjelang pembukaan kegiatan internasional "Vision International Image Festival (VIIF), ia mengatakan, laut mempunyai peran yang sangat strategis dari kehidupan masyarakat di berbagai negara di belahan dunia.

Potensi kelautan Indonesia yang sangat luas mempunyai posisi yang sangat strategis, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, namun juga bagi negara lainnya di dunia.

Anang Nugroho menjelaskan, potensi kelautan selain meningkatkan aktivitas ekonomi nelayan dan masyarakat pesisir pantai juga berfungsi sebagai upaya pelestarian mengembangkan berbagai habitat binatang laut.

Oleh sebab itu perlu perhatian dan kepedulian masyarakat di berbagai negara di belahan dunia agar potensi kelautan itu tetap terpelihara dan lestari, sekaligus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*/ADT)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013