Denpasar (Antara Bali) - Ratusan pedagang yang bergabung dalam Paguyuban Pedagang Bandara (P2B) Ngurah Rai, Bali, Jumat, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Bali untuk menyampaikan aspirasinya bahwa PT Angkasa Pura I tidak memperhatikan usaha mikro, kecil dan menengah pascaperluasan terminal bandara tersebut.

Kedatangan mereka untuk meminta kepastian nasib berdagang di bandar udara yang baru selesai diperluas itu. Para pengunjuk rasa datang membawa sejumlah spanduk dan poster. Mereka juga membawa alat gamelan tradisional "Baleganjur".

Mereka berorasi di depan Kantor Gubernur Bali, dan kemudian ditemui Wakil Gubernur Ketut Sudikerta. Kedatangan wagub disamput meriah dan yel-yel ratusan pedagang tersebut, bahkan wagub meminta para demonstran untuk menaikkan spanduk yang dibawa itu.

"Tolong angkat tinggi spanduk Anda, biar saya bisa baca," teriak Sudikerta melalui corong mikrofon dan disambut tepuk tangan para demonstran.

Sebelum berbicara, Wagub Sudikerta mempersilakan pedagang menyampaikan aspirasinya yang selama ini memang belum menemukan jalan keluar terkait permasalahan setelah perluasan terminal bandara.

Ketua Persatuan Pedagang Bandara (P2B) Wayan Sukses mengatakan kehadiran mereka masih seputar persoalan penempatan pedagang pascabandara terbesar di Bali itu diperluas.

"Intinya agar kami pengusaha lokal mendapatkan tempat untuk berjualan," kata Sukses yang didukung rekannya.

Sebelumnya, kata dia, para pedagang yang tergabung dalam P2B sudah sejak lama berdagang di bandara. Hanya setelah perluasan mereka hendak dipindah ke lokasi baru.

Ia mengatakan untuk mendapatkan tempat baru mereka harus melalui proses lelang dengan harga tinggi, setelah renovasi di pindah ke terminal yang baru. Sementara mereka yang punya tempat usaha di terminal lama, mereka belum ada kepastian.

"Untuk menempati tempat baru tersebut ada proses lelang yang begitu berat. Mulai dari persyaratan dan lainnya dirasa memberatkan," ujarnya. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013