Singaraja (Antara Bali) - Sebanyak 100 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-B Singaraja diusulkan mendapatkan remisi Lebaran dan Hari Kemerdekaan RI.

"Kami sudah mengajukan usulannya, tinggal menunggu keputusan dari Dirjen Pemasyarakatan," kata Kepala LP Singaraja Heru Prasetyo di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Kamis.

Ia memerinci bahwa dari jumlah 100 narapidana yang diusulkan itu, sebanyak 21 di antaranya mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri dan 79 lainnya HUT Kemerdekaan RI.

Menurut dia, saat ini penghuni LP Singaraja sudah melebihi daya tampung. Kapasitas kompleks penjara di Bali utara itu hanya 78 orang, namun dihuni 168 orang.

"Salah satu upaya untuk mengatasi kelebihan itu adalah dengan mengurangi masa hukuman warga binaan," kata Heru ditemui seusai shalat Idul Fitri di LP Singaraja.

Sementara itu, ribuan muslimin dan muslimat memadati beberapa tempat yang disediakan untuk shalat id di ibu kota Kabupaten Buleleng itu.

Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Buleleng juga menggelar lomba takbir keliling, Rabu (7/8) malam untuk memperebutkan Piala Bupati dan sejumlah uang tunai.

Remaja Masjid Al Irsyad Kampung Madura, Singaraja, keluar sebagai juara I lomba tersebut sehingga berhak atas Piala Bupati Singaraja dan uang tunai sebesar Rp1 juta. Juara II dan III diraih Remas Nurul Iman, Pemaron, dan Remas Al Iman, Kampung Baru Singaraja, masing-masing berhak atas hadiah uang tunai Rp750 ribu dan Rp500 ribu. (M038)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013