Mangapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, membuka bursa kerja tahunan pada 30-31 Juli 2013 di GOR Mengwi.

"Bursa kerja itu bertujuan untuk merekrut tenaga kerja baru dan menekan anggaka pengangguran di di Kabupaten Badung dan sekitarnya," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Luh Suryaniti di Mangupura, Mengwi, Selasa.

Bursa kerja diikuti oleh 38 perusahaan yang sudah memenuhi persyaratan dan bergerak dalam bidang keuangan, perdagangan, dan jasa dengan menyediakan sebanyak 2.532 lowongan pekerjaan.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan itu sesuai latar belakang dan kemampuannya. "Dalam kesempatan itu tenaga kerja bisa bertemu langsung tanpa harus mencari jauh-jauh ke lokasi kerja," ucapnya.

Dalam bursa kerja itu pemkab juga menyediakan anjungan pelayanan publik yang menerima pelayanan pendaftaran kartu pencari kerja ak/1 "online" bagi pencari kerja serta pelayanan penyebarluasan informasi lowongan pekerjaan bagi pengguna tenaga kerja atau perusahaan melalui bursa "online".

Dalam kesempatan itu hadir Petugas Pengantar Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali, Kepala Desa se-Kecamatan Mengwi, Pimpinan Bursa Kerja Khusus se-Kabupaten Badung, pimpinan lembaga pendidikan se-Kabupaten Badung serta perwakilan dari SKPD terkait.

Suryaniti berharap bursa kerja itu dapat menjalin komunikasi yang lebih intens dengan dunia usaha dan dunia industri untuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan ketenagakerjaan.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Bursa Kerja Pemkab Badung Dewa Gede Yoga Tangkeban menilai bursa kerja itu ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

"Kegitan ini bertujuan untuk mempertemukan pencari kerja (Job Seekers) dengan pihak pengguna tenaga kerja atau perusahaan melalui system antar kerja secara langsung guna mempermudah proses penempatan didalam negeri maupun luar negeri," katanya.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013