Denpasar (Antara Bali) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar akan menggelar pelatihan Barisan Relawan Bencana (Balana) sebagai bentuk persiapan menghadapi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

"Rencananya pelatihan tahap III tersebut digelar pada 15-17 Juli 2013 yang diikuti oleh 46 orang anggota Balana," kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Denpasar Made Prapta di Denpasar, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa anggota dari Balana itu adalah perwakilan dari setiap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) Pemerintah Kota Denpasar untuk meningkatkan kualitas SDM di pemerintahan dalam sigap dan tanggap terhadap bencana.

Jumlah Balana secara keseluruhan adalah 174 dan yang sudah dilatih pada dua tahap sebelumnya 128 orang.

"Dalam pelatihan tersebut nantinya para anggota akan mendapat pelatihan secara matang dengan berbagai sarana pendukung sehingga mereka bisa ikut serta tanggap dan menanggulangi bencana kecil di lingkungannya," ucapnya.

Selain itu, pihaknya berharap para anggota Balana itu juga bisa bekerja sama dengan BPBD dan relawan lainnya dalam menangggulangi dan menangani bencana di daerah itu.

Secara umum di ibu kota Provinsi Bali itu banyak terjadi bencana akibat kecerobohan warganya.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013