Jakarta (Antara Bali) - Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menggelar ajang internasional di Bali pada 18-21 Juni 2013, tentang investasi di sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

"Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Belanda didukung Bank Dunia dan FAO akan menyelenggarakan Asia Conference on Oceans, Food Security and Blue Growth (ACOFB),"kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Menurut Sharif, ACOFB akan membahas empat topik utama antara lain pertumbuhan biru ("blue growth"), ketahanan pangan, lingkungan kelautan yang kerap berubah, dan formulasi rekomendasi 'Asia Roadmap Initiatives'.

Ia memaparkan, ajang internasional ini akan disinergikan dengan pembukaan Forum Investasi Kelautan dan Perikanan (MFIF) serta Konferensi Pasifik dan Samudera Hindia (IOPAC) yang rencananya juga digelar pada tempat dan waktu yang sama.

Konferensi regional itu, ujar dia, akan dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang terdiri atas pejabat pemerintahan sejumlah negara, kalangan dunia usaha, organisasi internasional, ilmuwan, dan akademisi bidang kelautan dan perikanan serta praktisi.

"Konferensi ini diharapkan menghasilkan rekomendasi yang didukung hasil rumusan kegiatan MFIF dan IOPAC dalam rangka pengembangan 'roadmap' dan rencana aksi bagi negara-negara pantai di Asia," katanya. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Muhammad Razi Rahman

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013